Membuat Tampilan Menu Menggunakan QBASIC

Oke kali ini saya mau membagi sedikit ilmu hasil dari lab lagi. Dipostingan sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang cara membuat menu dengan menggunakan bahasa pemrograman JAVA, sekarang saya akan sharing cara membuat menu dengan bahasa pemrograman QBASIC beserta logika programnya. Berikut adalah tampilan menu yang akan dibuat.

Tampilan Menu
Koding Menu
a:
CLS
PRINT “==========MENU==========”
PRINT “1. Masukkan Nama                          ”
PRINT “2. Tampilkan Nama                         ”
PRINT “3. Deret                                            ”
PRINT “4. Keluar                                          ”
PRINT “=========================”
INPUT “Masukkan pilihan anda (1-4) : ” ; pil
SELECT CASE pil
CASE 1
CLS
INPUT “Masukkan Nama: ” ; nama$
INPUT “Masukkan NPM: ” ; NPM
INPUT “Masukkan Kelas: ” ; kelas$
CASE 2
CLS
PRINT “Nama anda adalah” ; nama$
PRINT “Npm anda adalah” ; NMP$
PRINT “Kelas anda adalah” ; kelas$
CASE 3
CLS
INPUT “Masukkan nilai: ” ; nilai
FOR a = 1 TO nilai
FOR b = 1 TO a
PRINT b;
NEXT b
PRINT
NEXT a
CASE 4
END
END SELECT
INPUT “Apakah akan kembali ke menu (y / t): ” ; a$
IF a$ = “y” THEN GOTO a
IF a$ = “t” THEN
END IF
Logika Program
Perinta yang digunakan antara lain :
CLS                            : Statement untuk menghapus layar
PRINT                        : Statement untuk mencetak
INPUT                        : Statement untuk memasukkan data
SELECT CASE        : Statement untuk membuat pilihan data
FOR..TO..NEXT        : Statement untuk looping / pengulangan
GOTO                         : Statement untuk mengeksekusi perintah ke baris tertentu
IF..THEN                    : Statement untuk menentukan kondisi
Pada saat kita merunning program, maka tampilan awal yang akan menjadi seperti gambar diatas.
a:
CLS
PRINT “==========MENU==========”
PRINT “1. Masukkan Nama                          ”
PRINT “2. Tampilkan Nama                         ”
PRINT “3. Deret                                            ”
PRINT “4. Keluar                                          ”
PRINT “=========================”
INPUT “Masukkan pilihan anda (1-4) : ” ; pil
Nilai “a:” merupakan alamat pendefinisial alamat awal program yang nantinya akan digunakan untuk looping. Perintah “CLS” kemudian akan menghapus layar agar kembali ke keadaan blank. Deret perintah ini akan mencetak setiap karakter yang berada dalam tanda ” ” (kutip).
Dan kemudian bila kita memiliih menu 1 lalu enter, maka akan muncul tampilan sebagai berikut.

Tampilan Untuk Case 1
CASE 1
CLS
INPUT “Masukkan Nama: ” ; nama$
INPUT “Masukkan NPM: ” ; NPM
INPUT “Masukkan Kelas: ” ; kelas$
Pada case 1 kita menggunakan statement INPUT yang membuat program meminta user untuk memasukkan data dan kemudian disimpan di variabel nama$, NPM, dan kelas$. Dan tanda string ($) menyatakan bahwa data mempunyai tipe bukan numerik atau berbentuk kata-kata.
Bila kita memilih option no 2, maka akan muncul tampilan sebagai berikut.

Tampilan Untuk Case 2
CASE 2
CLS
PRINT “Nama anda adalah” ; nama$
PRINT “Npm anda adalah” ; NMP$
PRINT “Kelas anda adalah” ; kelas$
Pada case 2 ini kita menggunakan statement PRINT yang digunakan untuk mencetak. Dan data yang sudah diinput pada case pertama tadi kemudian akan ditampil pada case kedua ini, karena variable yang kita gunakan adalah sama, yaitu nama$, NPM$, dan kelas$.
Bila kita memilih option no 3, maka akan muncul tampilan sebagai berikut.

Tampilan Untuk Case 3
CASE 3
CLS
INPUT “Masukkan nilai: ” ; nilai
FOR a = 1 TO nilai
FOR b = 1 TO a
PRINT b;
NEXT b
PRINT
NEXT a
Pada case 3 ini, terjadi looping atau pengulangan karena ada statement FOR..TO.. NEXT. Variable nilai digunakan untuk menyimpan data yang diinput. Pada perintah FOR a = 1 to nilai, variable nilai akan menentukan batas nilai yang akan di cetak oleh variable a. Dan pada perintah FOR b = 1 TO a, pencetakan variable b dibatasi oleh nilai variable a. Maka hasil dari case 3 ini berupa deret angka yang membentuk segituga siku-siku.
Bila kita memilih option no 4, maka akan muncul tampilan sebagai berikut.

Tampilan Untuk Case 4
CASE 4
END
Statement END ini akan membuat progam berakhir dan keluar dari program.
INPUT “Apakah akan kembali ke menu (y / t): ” ; a$
IF a$ = “y” THEN GOTO a
IF a$ = “t” THEN
END IF
Logika untuk perintah-perintah diatas adalah program akan memberikan kondisi pilihan kepada user dan menawarkan apakah mau kembali ke menu awal atau tidak. Bila memilih “y” maka program akan lompat membaca dari baris program awal, yaitu “a:” dan menampilkan menu utamanya. Dan bila memilih “t” maka program akan berakhir dan keluar.
Sekian tutor QBASIC dari saya. Bila Anda belum mempunyai program QBASICnya, Semoga bermanfaat .. ^^

0 Response to "Membuat Tampilan Menu Menggunakan QBASIC"

Post a Comment